NEWS
DETAILS
Senin, 20 Mar 2023 10:22 - Honda Community Jawa Tengah

Brebes, 20 Maret 2023 – Menjadi kegiatan tahunan dalam rangka mengedukasi keselamatan berkendara lalu lintas antar pelajar, kali ini SMK Negeri 1 Bulakamba mengadakan pelantikan siswa siswi baru yang tergabung dalam Forum Keselamatan Sekolah (FKS) untuk memberikan kesempatan kepada adik kelas mengemban tugas penting menjalankan budaya keselamatan berkendara dilingkungan sekolah. 

 

Budaya keselamatan jadi sebuah kebutuhan bagi sekolah ini, pasalnya geografis SMK Negeri 1 Bulakamba ini tepat berada ditepi jalan pantura dengan jumlah siswa mencapai 1.460 jiwa, maka aktivitas berkendara menjadi rawan kecelakaan saat jam masuk ataupun pulang sekolah. Forum Keselamatan Sekolah (FKS) sendiri mengemban peran penting karena mengedukasi keselamatan berlalu lintas, membudayakan tata tertib peraturan sekolah seperti tertib parkir, tertib berjalan di jalur hijau pejalan kaki, serta diberikan pelatihan dasar ketrampilan berkendara yang benar dan aman kepada siswa siswi.  

 

Dipaparkan oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat Konferensi Pers Akhir Tahun 2022 di Gedung Borobudur, Mapolda Jateng, Semarang bahwa secara persentase kejadian laka lantas di Jateng sepanjang tahun 2022 meningkat sebesar 26,5 persen dibanding tahun 2021 dengan total 29.772 kejadian. Angka ini akan terus meningkat jikalau tidak ada tindakan nyata dalam usaha menekan angka kecelakaan dan kesadaran berkendara sejak usia siap berkendara.  

 

Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng Suko Edi menyatakan bahwa selama ini edukasi dari pihak kepolisian maupun Main Dealer Astra Motor Jateng telah dilakukan secara gencar dan rutin demi menekan angka kecelakaan khususnya bagi usia pelajar. Namun metode pengajaran satu kali tidak cukup untuk mengingatkan para pelajar ini, metode pengajaran berkelanjutan akan lebih efektif agar otak dan tubuh secara sadar akan mengingat dan berhati – hati dengan sendirinya selama menjalani aktivitas berkendara. FKS menjadi wadah organisasi siswa yang memberikan kesempatan pelajar untuk lebih berperan aktif sebagai penggerak, pencipta, dan pemberi solusi untuk masalah penanganan kecelakaan para pelajar.  

 

“Pelajar yang tergabung dalam FKS akan diberikan training public speaking agar mereka bisa mengajar keselamatan ke adik kelas ataupun lingkungan sekitarnya secara aktif dan berkelanjutan dengan mengutamakan #Cari_Aman berlalu lintas,” jelas Suko Edi. 

 

Forum Keselamatan Sekolah jadi terobosan baru upaya Main Dealer Astra Motor Jateng dalam mengurangi persoalan lalu lintas di Indonesia dan bisa pengajaran ini dapat diaplikasikan disekolah manapun sehingga makin banyak pelajar berperan aktif sebagai pelaku #Cari_Aman berkendara. 

 

“Saya senang dan bangga tergabung FKS karena saya berperan langsung dalam upaya menekan angka kecelakaan di Indonesia. Kepercayaan yang diberikan ini akan saya kembangkan dengan sebaik mungkin,” ucap Fadli yang didaulat sebagai ketua FKS periode 2023/2024. 

 
RELATED
NEWS