NEWS
DETAILS
Sabtu, 24 Sep 2022 08:07 - Honda Community Jawa Tengah

Semarang, 24 September 2022 – Honda CBR250RR memang fenomenal karena pada tahun pertama mengikuti perlombaan racing, langsung mempersembahkan Juara Asia untuk Indonesia di kelas AP250. Sejak keikutsertaan di Asia Road Racing Championship (ARRC), Honda CBR250RR telah mencatat Juara Umum ditahun 2017 dan 2018 serta sebagai runner up ditahun 2019. Kejuaraan ditunda pelaksanaan akibat pandemi selama 2 tahun. Motor CBR250RR yang digunakan pada dikejuaraan kali ini buatan langsung dari Indonesia sekaligus membawa kebanggaan bahwa motor buatan pabrikan Indonesia karena mampu meraih prestasi tinggi di ajang balap kelas supersport. 

 

PT Astra Honda Motor sebagai pabrikan motor tersebut kembali telah melakukan peningkatan performanya sehingga memiliki daya maksimum 31 kW (42 PS)/13.000 rpm dan torsi sebesar 25 Nm (2,5 kgf.m)/11.000 rpm (tipe SP/SP Quick Shifter). Hal ini membuat kemampuan akselerasi dan kecepatan tinggi meningkat. Tenaga itu menjadi yang terbesar untuk motor kapasitas 250cc 2 silinder pabrikan di Indonesia. 

 

Tentunya Honda tidak ingin ketika digunakan harian dalam kondisi lalu lintas perkotaan yang memiliki jarak dengan pengendara lain didepan dan sekitarnya terasa terbatas sehingga merepotkan pengendara karena harus sering mengoreksi kemudinya dan mengerem karena lonjakan tenaga yang besar. Pilihan mode comfort bisa dipilih dan menjadi solusi sehingga tenaga mesin dapat diatur otomatis menjadi lembut dan jinak berkendara untuk berkendara di perkotaan yang padat. Pilihan sport dan sport+ mejadi pilihan berikutnya untuk mengeksplorasi mesin untuk mengeluarkan secara optimal kemampuannya. 

 

Sektor pengereman dikedua roda sudah dilengkapi ABS dan versi tahun 2022 suspensi depan sudah diganti karakternya menjadi Showa SFF BP dari sebelumnya yang tipe Catridge. Suspensi ini memiliki keistimewaan stabilitas pengereman dan peredaman yang responsif dalam menghadapi gelombang permukaan aspal sehingga lebih minim getaran saat kecepatan tinggi. 

 

Fitur keamanan berikutnya ditambahkan lampu hazzard yang bisa dimanfaatkan pengendara jika mengalami kondisi darurat bermanfaat untuk memberikan sinyal ke pengendara dibelakang bahwa motor sedang tidak bisa bergerak. 

 

Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng Oke Desiyanto mengatakan bahwa Honda mendesain agar pengendara bisa memiliki kesenangan mengendalikan motor sport sesuai dengan keinginanannya sebagai satu paket yang utuh yang disebut total control (kendali penuh). 

 

“Motor fenomenal satu ini juga sudah dilengkapi fitur keamanan yang tinggi sebagai wujud konsistensi pabrikan motor Honda dalam upaya Cari Aman dalam berkendara,” ujar Oke.    

RELATED
NEWS